Selasa, 03 November 2009

Cara Cepat Baca Buku


Rata2 per kapita Orang Amerika baca buku 100 buah per tahun. Sementara orang Indonesia dan Malaysia cuma 2 buku saja per tahun per kapita. Ini menunjukkan betapa jauh perbedaan tingkat pengetahuan yang dipunyai antara orang Amerika dengan orang Indonesia dan Malaysia.

Mengapa sebagian orang dapat begitu cepat membaca buku. Sementara ada juga yang sangat lambat dalam membaca. Lambat macam siput. Susah sekali memahami apa isi buku yang sedang dibacanya.

Membaca artinya juga sekalian memahami isi buku tersebut. Kalau membaca tapi tak paham apa maksud isi buku tersebut, itu namanya belum membaca.

Lalu bagaimana caranya supaya dapat cepat baca buku dan memahami isinya…?

Yang pertama, dan yang ini sering dilupakan oleh sebagian pembaca buku, itu sebabnya ia tak paham2, adalah membaca Kata Pengantarnya. Ini penting, sebab disitulah pengarang atau penulis buku menuangkan apa maksud dari penulisan buku tersebut.

Yang kedua, di halaman belakang buku, biasanya juga ada sinopsis atau ringkasan isi buku, maka bacalah ia dengan seksama, dengan teliti. Ini penting untuk, lebih mencari tahu, informasi apa yang penting dan perlu diketahui oleh pembaca. Kalo gak ada yang penting buat kita, ya gak usah repot2 dibaca lah.

Yang ketiga, baca bab 1 dengan teliti, catat informasi baru apa yang ada di situ. Garis bawahi, kalau perlu di highlight atau di stabillo, dengan warna yang terang dan tidak menyakitkan mata.

Dalam bab 1, penulis juga biasanya menguraikan dengan lebih rinci, apa2 yang akan diceritakan pada bab selanjutnya. Kalo anda berhasil melampaui bab 1 ini dengan lancar, biasanya, bab selanjutnya juga akan lancar. Karena memang minat anda juga cukup kuat untuk memahami isi buku tersebut.

Kalau kurang minat atau bahkan nggak ada minat sama sekali, memang membuat baca buku jadi pekerjaan yang susah sekali. Bosan dan sangat membosankan. Oleh sebab itu, bantulah diri anda dengan mempunyai minat yang besar untuk mempelajari suatu ilmu pengetahuan dari buku.
Yang penting juga, berilah buku itu sampul yang menarik, kasih pembatas buku yang cantik. Ini penting untuk awal2 nya saja. Kalo anda sudah jadi kutu buku, nggak perduli buku itu kumal atau cantik, semua pasti akan disikat habis dalam waktu yang relatif singkat saja.

Dalam setiap bab, biasanya ada anak bab, cucu bab, dan juga paragraf2. Di setiap paragraf, biasanya juga ada kalimat topik di awal paragraf atau di akhir paragraf. Kalimat lainnya di suatu paragraf biasanya merupakan kalimat pendukung, contoh2 atau pengembangan dari kalimat topik atau kalimat pokok.

Selamat membaca buku, semoga ada manfaatnya.


Oleh: Nur Tjahjadi
Sumber: edukasi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar