Jumat, 30 Oktober 2009

Mendidik dan Membesarkan Anak Anda


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat.
Setiap orang tua tentu mendambakan keberhasilan dalam pendidikan anak-anaknya. keberhasilan dalam pendidikan seringkali dinilai dari pencapaian prestasi yang berhasil diraihnya. Sayangnya paradigma tersebut untuk mencapai prestasi seseorang seringkali mengalami dikotomi, sehingga hanya pencapaian dalam bidang akademis dan eksakta yang di anggap sebuah prestasi, adapun untuk pencapaian di bidang yang lain seperti musik, sosial,dll, belum dianggap dan di sadari bagi sebuah prestasi.

Lima prinsip dasar pendidikan adalah kemerdekaan (freedom), kodrat alam (potensial), kebudayaan (culture) kebangsaaan (nationality) dan kemanusian (humanity). tujuan akhir pendidikan adalah mengenal diri sendiri, siapa yang mengenal dirinya pasti mengenal TUHAN nya juga. setiap anak/individu adalah unik punya bakat/potensi yang tidak bisa di samaratakan.

Bagaimana cara anda mendidik dan membesarkan anak anda?

A. Memaksakan kehendak kepada anak, pada sistem/cara yang kita anggap paling benar.

B. Mengarahkan anak pada cara/sistem yang kita anggap benar tanpa memaksakan kehendak.

C. Menfasilitasi anak berkembang berdasarkan potensi yang di milikinya.

Dari hasil survei 1000 orang hanya 751 yang mengisi angket tersebut di dapat hasil: jawaban A = 13 orang; B = 358 orang; C = 382 orang.

Bagaimana dengan jawaban ANDA???


Oleh: Rachmad Yuliadi Nasir
Sumber: edukasi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar