Senin, 25 Oktober 2010

Perempuan Makin Cerdas Setelah Melahirkan

New York. Kelahiran seorang anak adalah berkah tersendiri bagi seorang perempuan. Salah satunya adalah menjadi semakin cerdas, sebab volume otak perempuan ternyata bertambah besar setelah melahirkan.

Besarnya peningkatan volume otak dipengaruhi oleh reaksinya terhadap kelahiran bayi. Semakin perempuan itu mensyukuri kehadiran sang buah hati, semakin besar peningkatan yang terjadi.

Sebuah riset yang dipublikasikan oleh American Psychological Association membuktikan hal itu lewat pengamatan terhadap 19 ibu hamil. Dalam periode tertentu setelah melahirkan, para partisipan menjalani pemindaian otak.

Pemindaian pertama dilakukan 2-4 pekan setelah melahirkan sementara yang kedua dilakukan setelah 3-4 bulan. Meski sebenarnya tidak terlalu besar, peningkatan volume yang terjadi dinilai cukup signifikan.

Dikutip dari Telegraph, Kamis (21/10/2010), peningkatan volume otak terjadi pada beberapa area berikut ini.

1. Hipothalamus yang memproses emosi
2. Amygdala yang memproses emosi dan penghargaan
3. Parietal lobe yang memproses indera
4. Prefrontal cortex yang memproses logika dan penilaian.

Menurut peneliti, volume otak pada orang dewasa biasanya sangat jarang berubah kecuali akibat kondisi-kondisi tertentu. Misalnya proses belajar yang intensif, cedera atau penyakit di otak serta pengaruh lingkungan.

Peneliti menduga, hal itu dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi di masa-masa awal mengasuh anak. Perubahan positif terjadi ketika seorang perempuan menganggap kehadiran si buah hati sebagai sesuatu yang spesial, indah dan sempurna.


Sumber: Detik Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar