Minggu, 11 Juli 2010

Guru adalah Faktor Kunci

SOLO. Guru merupakan faktor kunci dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu para pahlawan tanpa tanda jasa ini dituntut untuk memberikan metode pengajaran yang inovatif agar anak didik tertarik.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, menjadi guru merupakan amanah di dalam dunia pendidikan.

Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyampaikan pada wartawan, Rabu (7/7) perlu adanya sistem mengajar yang menarik.

Seperti yang tercantum dalam Pasal 19 ayat 1 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang isinya yaitu proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas,dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

“Selama ini belum banyak tersosialisasi pada guru. Guru memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kesuksesan dalam belajar siswa. Bagaimana agar siswa dapat merasa senang, kreatif dan mandiri. Terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Jika anak tidak merasakan senang, maka akan sulit mendapatkan hasil yang maksimal dalam belajar,” tegasnya. (fir)


Sumber: Harian Joglosemar Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar