Minggu, 10 Mei 2009

Hari ini, 10.208 siswa SD ikuti UASBN


Solo (Espos). Sebanyak 10.208 siswa sekolah dasar (SD) negeri dan swasta yang sederajat, Senin (11/5) ini, mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Ujian tersebut akan berlangsung hingga Rabu (13/5).


Sebanyak 10.208 siswa itu, terdiri atas 10.084 siswa SD, 101 siswa madrasah ibtidaiyah (MI) dan 23 siswa sekolah dasar luar biasa (SDLB). Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Drs H Amsori SH MPd mengatakan pihaknya telah menerima naskah soal dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (8/5) lalu. Naskah disimpan di suatu tempat yang ditunjuk menjadi pusat rayon di Kota Solo. Pada Minggu (10/5), soal itu didistribusikan ke subrayon atau masing-masing Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan di kecamatan. Saat ditanya pengamanan naskah soal itu, Amsori mengatakan menerapkan sistem pengamanan yang sama dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sebelumnya.

”Demi menjaga keamanan naskah soal, kami melibatkan aparat polisi yang berjaga selama 24 jam dengan sistem shift jaga siang dan malam. Di samping itu, aparat polisi juga akan melakukan penjagaan di masing-masing UPTD,” tutur Amsori saat ditemui Espos di SMA 1 Solo, akhir pekan lalu.

Lemari Khusus

Sementara itu, Ketua Panitia Ujian Nasional dan UASBN, Drs Maskuri mengatakan sebanyak 23 peserta ujian dari SDLB di Kota Solo meliputi empat jenis, yakni SDLB A, B, D, dan E. Untuk naskah soal SDLB, lanjut Maskuri, terdiri dari dua jenis yakni, soal reguler dan soal nonreguler. ”Baik reguler maupun nonreguler, sebagian soal disiapkan dari pusat, sedang sebagian lagi disiapkan dari provinsi,” paparnya.

Ditemui di tempat berbeda, pengawas wilayah gugus III Jebres, Paidi Mpd mengatakan pengawasan naskah soal USBN dilakukan secara ketat oleh aparat kepolisian, Minggu (10/5). Menurutnya, di masing-masing UPTD disiapkan lemari khusus untuk menyimpan naskah soal itu. ”Lemari itu dilindungi dengan kunci pengaman khusus, serta di bawah pengawasan aparat polisi selama 24 jam, sehingga sangat kecil terjadi kebocoran soal,” tandasnya.

Jadwal UASBN

Senin (11/5) Bahasa Indonesia
Selasa (12/5) Matematika
Rabu (13/5) IPA

Jadwal UASBN Susulan

Senin (18/5) Bahasa Indonesia
Selasa (19/5) Matematika
Jumat (22/5) IPA


Sumber: www.solopos.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar