Minggu, 10 Mei 2009

11.062 Siswa SD ikuti UASBN


Sukoharjo (Espos). Sebanyak 11.062 siswa Sekolah Dasar (SD) di Sukoharjo, (Senin, 11/5) ini, mulai menjalani Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Untuk meminimalisasi kecurangan, panitia akan memberlakukan standar pengamanan maksimal.

Seperti pelaksanaan Ujian Nasional, pengawasan dalam UASBN kali ini akan diberlakukan secara silang. Peserta ujian dijaga oleh pengawas yang merupakan guru dari sekolah lain. Tak hanya itu, panitia juga bakal memperketat penggunaan telepon seluler selama ujian, baik oleh peserta ujian maupun pengawas. “Hal ini belum kami umumkan, nanti saat pelaksanaan ujian, Ponsel yang dibawa peserta ke dalam ruangan akan langsung diamankan pengawas hingga ujian selesai,” terang Kabid TK/SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukoharjo, Sukardi di Sukoharjo, Minggu (10/5).

Larangan membawa telepon seluler ke dalam ruang ujian, tidak hanya berlaku bagi peserta melainkan juga para pengawas. ”Pengawas juga kami minta tidak membawa Ponsel ke ruangan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi kecurangan,” lanjut Sukardi.

Sementara itu, berdasar data Disdik, di Sukoharjo tercatat ada 487 sekolah dasar (SD) penyelenggara UASBN terdiri atas sekolah negeri dan swasta. Ada tiga mata pelajaran yang akan diujikan yaitu bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Berbeda dengan kelulusan ujian tingkat SMP dan SMA, untuk ujian SD, kelulusan ditentukan oleh pihak sekolah masing-masing.

Terkait dengan standar kelulusan, Sukardi mengaku, pihaknya cukup optimistis dapat mencapai target kelulusan. Pasalnya, berbagai persiapan telah dilakukan secara maksimal, ditambah lagi, tahun ini tidak ada perubahan peraturan yang berpengaruh besar pada angka kelulusan.

Lebih lanjut, mengenai standar kelulusan 6,0 yang diberlakukan tahun ini, Sukardi menyebut hal itu merupakan hasil kesepakatan dewan guru. Mengacu pada pelaksanaan ujian tahun lalu, ia optimistis, standar kelulusan itu akan dicapai dengan mudah oleh peserta didik.


Sumber: www.solopos.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar