Minggu, 20 Desember 2009

Perangi Kemalasan dengan Rajin Belajar


Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan, proses perbuatan serta cara mendidik.
Ada beberapa pengertian mengenai pendidikan; Pendidikan adalah “educare” yaitu mengeluarkan dan menuntun, tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa waktu dilahirkan di dunia(Romawi).

Menurut Bangsa Yunani, pendidikan adalah “pedagogic” yaitu ilmu menuntun anak. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan berasal dari kata dasar didik(mendidik), yaitu: memelihara dan memberi latihan mengenal akhlak dan kecerdasan pikiran. (Griya Ilmu, Kompas 21 Des.2009).

How To Study Written Material Effectivity?

Penyakit malas kadang-kadang datang mendahului begitu seseorang ingin mulai belajar. Belum lagi waktu berebut dengan kebutuhan.Namun tidak perlu mengalah lawan dengan tekad dan kemauan yang keras.Tekad dan kemauan tidak cukup harus ditunjang dengan cara atau metode belajar yang efektif.

You Can Achive Efective StudyThrough Use of the SQ3R.
Apa itu SQ3R? SQ3R adalah terdiri dari 5 kata,yaitu: (1). Survey – Penelitian; (2). Question – Pertanyaan; (3). Read – Membaca; (4). Recite – mengucapkan; (5). Review – Tinjauan.

An Active Study Method Must Begin With A Survey Of The Material To Be Read
Fokuskan pikiran pada materi yang diminati, luangkan waktu untuk memulai dan mengadakan survey bab yang dibutuhkan. Maksud daripada survey adalah untuk lebih mengenal topik dalam bab tersebut.

Ready To Read A Chapter Section
Dalam membaca sebaiknya menggunakan pikiran yang kritis, seolah-olah sedang mengadakan Tanya jawab dengan diri sendiri.

Ask Your Self a Question
Susun pertanyaan sendiri sebelum membaca tiap bab, untuk mengetahui hal-hal yang sudah dipelajari.

Recite The Answer To Your Question
Dengan mengucapkan apa yang dibaca akan membantu ingatan, sekaligus memahami materi yang dibaca.

Review The Question Taken From The headings Of Each Chapter Section
Adakan ulasan bab demi bab untuk dipahami secara benar.

Case Briefing System
Buatlah catatan singkat mengenai apa yang dipelajari, penjelasan singkat akan memberikan gambaran yang baik mengenai hal-hal yang dipelajari.


Oleh: Erias Sumarna
Sumber: edukasi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar