Senin, 10 Mei 2010

Tujuh Sekolah Luluskan 100 Persen

SOLO. Tujuh SMP favorit di Kota Solo, meluluskan 100 persen hasil Ujian Nasional (UN). Kendati, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), sudah menyampaikan imbauan untuk tidak melakukan konvoi, namun masih ada sebagian siswa melakukan arak-arakan. Secara resmi pengumuman kelulusan di Kota Solo, secara serentak dilakukan mulai pukul 11.00-14.00 WIB, Jumat (7/5).

Kepala Disdikpora Kota Surakarta Rakhmat Sutomo mengatakan hasil kelulusan siswa tingkat SMP se-Surakarta belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sisi lain, terdapat beberapa satuan pendidikan yang mencapai angka kelulusan 100 persen, di antaranya SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 8 serta SMP swasta meliputi SMP Pangudi Luhur Bintang Laut, SMPIT Nur Hidayah dan SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih.

“Dari jumlah total siswa SMP 11.031, MTs 785 dan lima sekolah terbuka, sebanyak 1.871 murid belum lulus UN utama. Demikian halnya dengan kejadian sekolah yang persentase ketidaklulusan hampir 70 persen hanya ada di dua atau tiga sekolahan saja,” kata Rakhmat, Jumat (7/5).

Sebelumnya, Kamis (6/5), Rakhmat menuturkan bahwa persentase kelulusan siswa SMP se-Surakarta mencapai 84,4 persen, sedangkan MTS 79,7 persen termasuk lima murid sekolah terbuka hanya satu yang dinyatakan lulus. Namun, adanya beberapa sekolah unggulan yang berhasil mempertahankan predikat lulus 100 persen.

Khusus bagi siswa yang belum lulus UN utama, masih diberikan kesempatan mengikuti ujian ulangan tanggal 17-20 Mei, mendatang.

Kepala SMPN 1 Surakarta Harjono mengakui kelulusan 100 persen telah dapat diprediksi jauh-jauh hari sebelumnya. “Sekolah kami telah mempersiapkannya ketika anak-anak duduk di bangku kelas VII. Mereka kami berikan bimbingan khusus per mata pelajaran yang sekiranya kurang dengan batasan minimal nilai 7,” tandasnya, Jumat (7/5).

Menurut dia, nilai tertinggi SMPN 1 Surakarta diperoleh Nabila Arnest dengan total nilai 39,15, rinciannya mata pelajaran Bahasa Indonesia 9,4, Bahasa Inggris 10, Matematika 10 serta IPA 9,75. Dari 259 siswa di SMPN 1 Surakarta rata-rata nilai mencakup keseluruhan mencapai angka 8,96.

“Prestasi yang baru terukir yakni munculnya angka nilai 10 bulat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari sekian tahun baru kali ini ada nilai 10 pada mata pelajaran tersebut, kalau Matematika dapat angka 10 itu sudah biasa,” tegasnya.

Prestasi cemerlang diraih putra orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Ia yang tercatat sebagai SMPN 1 Surakarta membukukan nilai 37,45 dengan rincian nilai Bahasa Indonesia 8,6, Bahasa Inggris 9,6, Matematika 9,3 sedangkan IPA 9,75. (bns)


Sumber: Harian Joglosemar Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar