Senin, 03 Mei 2010

Mereka yang Tumbuh dengan Cinta

Apakah sekarang ini anda adalah orang tua yang sedang membesarkan seorang atau beberapa orang anak? Apakah anda sekarang ini merupakan orang yang sehari-hari bekerja secara dekat dengan anak-anak, semisal guru, pelatih dll?.

Bila anda menjawab YA, pertanyaan selanjutnya adalah pada saat berinteraksi dengan mereka pernahkah anda menggunakan hukuman badan untuk mendisiplinkan mereka? Pernahkah anda menggunakan kata-kata kasar semacam celaan dan cacian untuk tujuan seperti itu?.

Bila anda menjawab YA, apakah tindakan anda itu sesuatu yang anda sesali dan seharusnya tidak pernah terjadi atau sesuatu yang anda sengaja dan anda yakin anda benar telah melakukannya dan akan melakukannya lagi bila dibutuhkan?.

Saya berkeyakinan sekali bahwa untuk menjawab pertanyaan ke dua dan ke tiga anda pembaca tulisan ini akan menjawab TIDAK, karena saya yakin sekali anda semua adalah orang-orang yang berkeyakinan bahwa hukuman badan & mental sangatlah besar mudharatnya bagi dampak kehidupan sianak ketika besar ketimbang kebaikannya.

Hanya anak-anak yang dibesarkan dengan penuh cinta kasihlah yang akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, percaya diri dan memiliki rasa cinta kasih yang tulus pula. Sementara anak-anak yang dibesarkan dengan pukulan dan cercaan akan menatap dunia ini dengan penuh rendah diri dan dililit oleh dendam yang tak tau akan mereka lampiaskan kepada siapa.

Itu! (hehehe boleh juga gaya Mario Teguh ni dipakai sekali-sekali)

Ditulis dalam suasana Hari Pendidikan Nasional


Oleh: Muchsin Simatupang
Sumber: edukasi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar