Selasa, 17 Agustus 2010

Asyiknya Berhitung Mapel Fisika...

Kegemarannya dalam berhitung serta kecintaan terhadap mata pelajaran (mapel) Fisika membuatnya bisa berkeliling Indonesia. Selain itu, mampu mengantongi berbagai macam prestasi pada kompetisi-kompetisi pelajaran eksata khususnya Matematika dan Fisika.

Dia adalah Gautama Wicaksono (16), siswa kelas XI IPA SMA Regina Pacis Surakarta. Pada tanggal 1-7 Agustus lalu, remaja dari empat bersaudara ini mengikuti lomba mata pelajaran Fisika hingga mampu menyabet gelar juara serta berhasil meraih medali perak ke-7 dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Medan, Sumatra Utara.

Sebelumnya, Gautama juga pernah meraih juara I nasional lomba Fisika yang bertajuk Best Experiment Top Challenge of Physics di UGM, Yogyakarta.
Selain itu, ada beberapa prestasi lain yang dia dapatkan seperti Juara III Lomba Fisika SMA se-Jateng dan DIY pada tahun 2009. “Ketika duduk di bangku SMP Bintang laut pada tahun 2008, Saya juga mendapatkan medali perunggu OSN mata pelajaran Fisika, serta pernah Juara I Invitasi Matematika dan Fisika Antar-SMP tahun 2009 lalu,” katanya kepada Joglosemar, Senin (16/8).

Kesukaannya pada pelajaran Fisika disebabkan karena selain di dalamnya terdapat hitung-hitungan, juga suka terhadap isi dari materi-materinya. “Saya jarang sekali mengalami kejenuhan karena belajar Fisika merupakan suatu keasyikan tersendiri,” kata pria berkaca mata kelahiran Surabaya, 29 Agustus 1994.

Mengenai metode belajar yang selama ini dilakukannya, siswa yang memiliki hobi main game, internet dan membaca segala macam buku ini menyampaikan bahwa proses belajar dilakukan setiap hari secara autodidak dan mandiri. “Latihan-latihan soal tidak hanya yang diberikan guru di sekolah saja tetapi saya juga mencari dari internet agar dapat lebih mengetahui variasi soal,” ujarnya. (Farrah Ikha Riptayani)


Sumber: Harian Joglosemar Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar