Selasa, 21 September 2010

Sukoharjo Belum Punya RSBI

SUKOHARJO. Meski menjadi salah satu sekolah favorit di Sukoharjo, SMAN 1 ternyata belum menyandang status Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI). Kondisi tersebut berkebalikan dengan sekolah yang secara fasilitas belum memadai, tapi sudah menyandang Sekolah Standar Nasional (SSN).

Kondisi tersebut sangat memprihatinkan, karena dari sekian sekolah di seluruh Surakarta, hanya Sukoharjo yang sampai kini belum memiliki sekolah RSBI. Demikian dikatakan Kepala SMAN 1 Sukoharjo, Sri Lastari dalam reuni di SMAN 1 Sukoharjo , Senin (13/9).

Terlebih, menurut Sri, pengajuan izin ke Direktorat Pembinaan SMA di Kementerian Pendidikan juga belum turun. Karena itu kami berharap semua pihak termasuk alumni bisa mendukung pencapaian sekolah RSBI di Sukoharjo. “Jika semua itu terjadi setidaknya akan membuat warga Sukoharjo berbangga,” ujarnya.

Dikatakan Sri Lastari, secara fasilitas dan prasarana SMAN 1 Sukoharjo sudah memenuhi kriteria sekolah RSBI. Maka itu, semua hal tersebut tidak akan pernah terwujud jika peran Pemkab, Dinas Pendidikan, serta ikatan alumni ikut berperan dan membantu mewujudkannya.

“Upaya mengejar status RSBI bukan lantaran prestise atau status semata. Melainkan ingin mengedepankan kualitas pendidikan di SMAN 1 khususnya,” katanya.

Terpisah, Sunarno salah satu alumni yang saat ini menjabat anggota Komisi I DPRD Sukoharjo menyatakan prihatin dengan nasib SMAN 1 Sukoharjo yang sejak dulu hingga kini statusnya tidak pernah berubah.

“Saat ini dari 35 kabupaten di Jawa Tengah, Sukoharjo termasuk sekolah yang belum memiliki sekolah RSBI,” tandasnya.

Maka itu setidaknya ada upaya dari Dinas terkait untuk melakukan pendataan sekolah yang potensial.


Sumber: Harian Joglosemar Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar