Senin, 07 September 2009

Pendidikan Bimbel Tambah Pemahaman Siswa

KoranBanten.Com, 18 Februari 2009


SERANG. Seiring dengan semakin dekatnya Ujian Akhir Nasional (UAN), banyak lembaga bimbingan belajar (bimbel) bermunculan. Trik mengerjakan soal secara cepat menjadi tawaran utama.

Lembaga-lembaga Bimbel ini menawarkan pembekalan berupa program-program bagi siswa untuk memudahkan mereka mengerjakan soal-soal ujian. Pembekalan itu dikemas dalam bentuk pemberian materi, tes, dan pembahasan soal-sola ujian.

“Selain itu juga terdapat media konsultasi dan ujian-ujian mengerjakan soal atau try out,” terang Azizah, staf administrasi Bimbel Nurul Fikri Serang saat ditemui di ruang kerjanya.

Mengenai soal-soal yang diberikan untuk menguji siswa yang ikut dalam lembaga Bimbel ini, Azizah mengatakan, lembaga Bimbel tersebut sudah memiliki tim khusus untuk memprediksi soal-soal apa saja yang akan keluar dalam UAN atau pun UMPTN.

Menanggapi menjamurnya lembaga-lembaga kursus ini, akademisi Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta), Sugeng Purnomo, saat ditemui Koran Banten (Rabu, 18/2) mengatakan lembaga-lembaga kursus itu sangat efektif.Karena, pelajaran-pelajaran yang diberikan dalam bimbel, biasanya sudah fokus pada bidang kajian tertentu.

Selain itu, tambah Sugeng, melalui lembaga-lembaga bimbel itu pemahaman siswa akan pelajaran tentunya bertambah dan hal tersebut memudahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian, baik UAN atau pun UMPTN. Karena, menurutnya, mereka yang mengikuti bimbel memiliki prosentase keberhasilan lebih dalam mengerjakan soal-soal ujian dari pada mereka yang tidak mengikutinya.

Lembaga bimbel biasanya memberikan para siswa cara atau trik bagaimana mengerjakan soal dengan cepat. Menanggapi cara atau mengerjakan soal dengan cepat tersebut, Sugeng mengomentari hal tersebut akan baik bila siswa sebelumnya telah diberitahukan terlebih dahulu bagaimana konsep cara mengerjakan soal tersebut.

“Cara mengerjakan soal, terutama matematika, itu ada cara struktural, sistematis, dan cepat,” ujar Sugeng. [YUD]


Sumber: http://www.koranbanten.com/2009/02/18/bimbel-tambah-pemahaman-siswa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar