Kamis, 30 April 2009

Kinerja Penyelenggara UN Belum Memuaskan


SEMARANG(SI). Pengamat pendidikan Kota Semarang, Muhdi MH menilai,kinerja panitia penyelenggara Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2008/2009 belum memuaskan.

Meski penyelenggara mengklaim pelaksanaan UN berlangsung lancar, tetapi faktanya di lapangan masih ada berbagai kejadian. Dia menyatakan, baik pelaksanaan UN jenjang SMA yang sudah selesai maupun SMP yang sedang berlangsung, terdapat berbagai kejadian yang bisa merugikan peserta ujian.Permasalahan mulai seperti tertukarnya soal ujian, lembar jawab UN (LJUN) terlipat, gangguan keramaian,pengawas satuan pendidikan masuk ruang ujian,dan soal yang terlalu sulit masih menjadi laporan dari para peserta ujian.

Dia menyatakan, kejadian LJUN yang terlipat bisa membuat lembar jawab tak terbaca saat proses scaning. “Sehingga akan mengurangi nilai siswa yang mengikuti UN.” Permasalahan seperti itu sebenarnya merupakan hal teknis yang menjadi tanggung jawab penyelenggara UN.“Sehingga kesalahan dan kekurangbaikkan apapun yang terkait pelaksanaan ujian, akan berpengaruh pada mental siswa,’’ jelas Pembantu Rektor I IKIP PGRI Semarang ini.

Muhdi menilai, karena fakta seperti itu maka kinerja penyelenggara UN tahun ini,masih belum memuaskan.“ Saya berharap ke depan penyelenggara bekerja lebih baik dan cermat lagi,serta lebih hati-hati dalam menjaga kualitas semua aspek terkait pelaksanaan UN.” (m abduh)


Wednesday, 29 April 2009
Sumber: www.seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar